Skip to main content

Mengenal Festival Boneka Hina Matsuri


Festival Boneka Hina Matsuri



Sering kali di manga atau anime Jepang ada perayaan yang menyusun boneka, itu bukan hanya sekedar menyusun lho... itu adalah sebuah tradisi di Jepang yang selalu diadakan pada tanggal 3 Maret, Hina Matsuri adalah nama dari tradisi ini.



 
Hina Matsuri adalah sebuah acara peraayaan tradisional bagi anak perempuan dan untuk mendoakan anak perempuannya agar untuk kebahagiaan masa depan dan kesejahteraan anak perempuan mereka. Keluarga yang memiliki anak perempuan akan memajang satu set boneka yang disebut Hinaningyo (boneka festival) bersama dengan sajian bunga persik. Sebelum hari perayaan tiba, anak-anak membantu orang tua mengeluarkan boneka dari kotak penyimpanan untuk dipajang. Sehari sesudah Hinamatsuri, boneka harus segera disimpan karena dipercaya sudah menyerap roh-roh jahat dan nasib sial.




Ningyo èBoneka dalam bahasa Jepang secara harfiah berarti bentuk manusia ada banyak bentuk boneka Jepang, Bentuk anak-anak, bayi, anggota kerajaan, prajurit dan pahlawan dalam dongeng, dewa-dewa, dan terkadang setan. Ada juga boneka –boneka yg mewakili tampilan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak diantaranya memiliki sejarah panjang dan tetap diproduksi hingga hari ini. Umumnya boneka tradisional Jepang digunakan di kuil-kuil, diberikan sebagai bingkisan atau dipajang pada hari-hari besar seperti Hina Matsuri (Pesta Boneka –perayaan anak perempuan) atau kodomo no hi (hari anak-pesta perayaan ank laki-laki).

Satu set boneka terdiri dari boneka kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkawinan tradisional di Jepang. Pakaian yang dikenakan boneka adalah kimono gaya zaman Heian. Perayaan ini sering disebut Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan karena berawal permainan boneka di kalangan putri bangsawan yang disebut hiina asobi (bermain boneka puteri). Satu set boneka biasanya dilengkapi dengan miniatur tirai lipat (byōbu) berwarna emas untuk dipasang sebagai latar belakang. Di sisi kiri dan kanan diletakkan sepasang miniatur lampion (bombori). Perlengkapan lain berupa miniatur pohon sakura dan pohon tachibana, potongan dahan bunga persik sebagai hiasan.

Orang Jepang pada zaman Edo terus mempertahankan cara memajang boneka seperti tradisi yang diwariskan turun temurun sejak zaman Heian. Boneka dipercaya memiliki kekuatan untuk menyerap roh-roh jahat ke dalam tubuh boneka, dan karena itu menyelamatkan sang pemilik dari segala hal-hal yang berbahaya atau sial. Asal-usul konsep ini adalah hinanagashi("menghanyutkan boneka"). Boneka diletakkan di wadah berbentuk sampan, dan dikirim dalam perjalanan menyusuri sungai hingga ke laut dengan membawa serta roh-roh jahat.
Kalangan bangsawan dan samurai dari zaman Edo menghargai boneka Hinamatsuri sebagai modal penting untuk wanita yang ingin menikah, dan sekaligus sebagai pembawa keberuntungan. Sebagai lambang status dan kemakmuran, orang tua berlomba-lomba membelikan boneka yang terbaik dan termahal bagi putrinya yang ingin menjadi pengantin.

Mulai sekitar akhir zaman Edo hingga awal zaman Meiji, boneka Hinamatsuri yang mulanya hanya terdiri dari sepasang kaisar dan permaisuri berkembang menjadi satu set boneka lengkap berikut boneka puteri istana, pemusik, serta miniatur istana, perabot rumah tangga dan dapur. Sejak itu pula, boneka dipajang di atas dankazari (tangga untuk memajang), dan orang di seluruh Jepang mulai merayakan hinamatsuri secara besar-besaran.
Tangga teratas disusun dua boneka yang melambangkan kaisar dan permaisuri
Tangga kedua disusun tiga boneka puteri istana yang membawa peralatan minum sake, dan boneka putri yang ditengah membawa mangkuk sake dan dua boneka putri yang lainnya membawa poci sake dan wadah sake
Tangga ketiga tersusun lima boneka pemusik pria, empat musisi masing-masing membawa alat musik, kecuali penyanyi yang membawa kipas lipat
Tangga keempat tersusun dua boneka menteri yang terdiri dari menteri kanan dan kiri
Tangga kelima tersusun tiga boneka pesuruh, ketiganya membawa bungkusan berisi kopi yang dibawa dengan sebilah tongkat, sepatu yang diletakan diatasa sebuah nampan dan payung panjang dalam keadaan tertutup

Comments

Popular posts from this blog

1000 KUMPULAN KATA BIJAK ANIME

KUMPULAN KATA BIJAK ANIME


1. Kalau kenangan itu berarti jangan lupakan. Sebab orang yang sudah tiada hanya bisa hidup di dalam hati manusia (Matsuda Jinpei/Wataru Takagi - Detektif Conan)

2. Keberanian adalah kata kebenaran untuk membangkitkan semangat diri… Tidak boleh digunakan sebagai alasan membunuh orang … (Ran Mouri - detektif conan)

3. Tentara yang kuat seperti apapun, saat kesulitan pasti akan melihat kearah komandannya. (Kaito Kid - Detektif Conan)

4. Membandingkan yang palsu dan yang asli sungguh tidak menyenangkan. (Akashi Seijuro - Kuroko no basuke)

5. Daripada membiarkan sesorang mati. Lebih baik aku mati bersamanya.. (Kirito - Sword Art Online)

6. Karena aku punya keinginan yang sanggup membuatku membuang segalanya demi membuatnya tecapai. (Nico Robin - One Piece)

7. Surai mentari yang terus mencurah akan menghapus jejak kaki yang membekas di es tipis. Jangan takut tertipu. Dunia telah berada di atas tipuan. (hitsugaya toushiro - bleach)

8. Jangan menangis, menangis tidak akan …

7 Ost anime yang keren SEPANJANG MASA dan TERJEMAHAN

Ost anime yang keren
iseng-iseng buat beginian xD typo bertebaran dimana-mana wkwk xD


1. orange – seven (shigatsu wa kimi no uso)



diurutan pertama adalah orange - 7, ending ke 2 dari anime shigatsu wa kimi no uso sangat keren banget *o* selain animenya yang bikin baper, ost nya pun bikin baper :')


ini cuplikan lirik lagu orange :
ameagari no sora no you na, kokoro ga hareru you na
kimi no egao o oboeteiru omoidashite egao ni naru
kitto futari wa ano hi no mama
mujaki na kodomo no mama
meguru kistetsu o kakenukuteiku
sorezore no ashita o mite
sore zore no yume o erande

Seperti langit setelah hujan turun, seperti membersihkan hati seseorang
Aku ingat senyummu, selalu terbayang di pikiran ku
Aku tidak bisa menahan senyuman,
Pastinya, seperti kami di hari itu,
Seperti anak kecil yang tidak bersalah
Kami berlari melalui musim yang terus berganti, melihat masing masing hari esok.
Memilih masing masing mimpi kami


2. days of dash- konomi suzuki (sakurasou no pet na kanojo)




Days of dash yang dinyanyikan ol…

MENGERIKAN Urban Legend Jepang

9 Urban Legend Jepang siang semuanya ^o^/ yuk kita bahas tentang yokai xD maaf jika ada salah kata ^/\^
1. Kejoro


kejoro adalah sejenih hantu yang berasal dari Jepang, hantu ini memiliki perawakan yang sexy dengan rambut panjang yang menghiasi kepalanya. tapi Kejoro hanya memiliki kecantikan di belakang dan di bagian depan hanya kejelekan.
Umumnya hantu ini sering dipersepsikan dengan hantu Pekerja Seks Komersial atau segala hal yang berhubungan dengan dunia prostitusi karena hantu ini sering muncul di daerah lampu merah dan sekitar daerah pelacuran. Kejoro akan mengikuti pria tersebut dari belakang dan setelah pria tersebut menyadari keberadaannya maka Kejoro akan mengajak pria tersebut untuk mengobrol.

2. kappa




Kappa, Kappa adalah urban legend Jepang yang berada di perairan, kappa memiliki perawakan seukuran anak kecil dengan wajah seperti monyet, berkulit seperti reptil dengang didominasi warna hijau dan juga bertaangan/kaki berselaput seperti katak. Sesuatu yang paling dapat dicatat …